15 Juni 2011

Internet Marketing untuk Usaha, Situs, Blog

Internet Marketing semakin digunakan untuk mempromosikan sebuah usaha, web maupun blog pribadi. Jasa Internet Marketing ini sepertinya sudah mulai menjadi suatu ajang bisnis ditahun 2009. Para pelaku bisnis yang merambah ke dunia maya (internet) mulai memikirkan metode-metode internet marketing. Tahun 2009 dimulai dengan berdirinya berbagai situs berita lokal, tetapi daya saing mereka sangatlah kurang karena rata-rata baik owner dan pengelola (maaf) bisa dibilang gaptek. Kemudian tenaga IT tempat mereka membuat situs tersebut tidak memberitahukan cara-cara yang benar, hanya sekedar membuat sebuah website biasa saja.

Sebuah Website/ Situs merupakan suatu investasi bagi perusahaan yang membuatnya, kadang kala kesalahan juga datang dari mereka yang membuat website tersebut. Apakah itu Perusahaan Media Online, Perusahaan penghasil produk ataupun Web Pribadi (blog). Para pemesan website ingin harga yang murah dan membandingkan satu dengan yang lainnya.
Tetapi mereka lupa bahwa website itu adalah investasi, dan tenaga IT yang membuat website tersebut tentunya sesuai dengan harga.

Seperti contoh saja pengalaman saya pribadi, seorang teman datang ke tempat saya dan berkeluh kesah tentang Situs Beritanya yang tidak eksis dibandingkan situs yang lain. Saya memberikan penjelasan kepada teman tersebut, dengan tidak berharap agar nantinya situs berita beliau ke depan saya yang akan membuatnya. Memberikan penjelasan se detail mungkin kepada teman tersebut yang berujung kekecewaan yang dialaminya kepada pembuat situs pertama. Disini juga ada kesalahan dari tenaga IT, kadangkala mereka tidak ada etika dengan maksud dan tujuan si pemesan selalu berhubungan dengan mereka. Tentunya akan berimbas kepada penghasilan terus menerus, karena si pemesan akan selalu terkait dengan tenaga IT nya.

Penjelasan kepada pemesan website :
  1. Sebelum membuat website, carilah referensi sebanyak mungkin.
  2. Jika hanya untuk iseng-iseng saja jangan membuat dan berharap banyak
  3. Website adalah investasi anda, ibarat sebuah toko di dunia maya
  4. Hargai jasa pembuat website anda dengan setimpal, profesional akan berbanding lurus dengan apa yang mereka dapatkan
Penjelasan kepada pembuat website :
  1. Terus terang saja dengan keahlian anda, jangan memberikan harga yang murah jika skill anda memang bagus.
  2. Jangan ketakutan si pemesan tidak jadi memesan, karena dengan penawaran harga yang murah dari anda akan berakibat jatuhnya harga pasaran
  3. Jika mereka melakukan konsultasi, berikan harga. Sebab konsultasi sudah menjadi pekerjaan anda, karena para pemesan banyak yang tidak mengerti. Dan setiap penjelasan yang anda berikan merupakan skill anda yang tersimpan.
  4. Ilmu Website merupakan suatu seni yang indah.
Negosiasilah dengan baik, pemesan hargai skill dari pembuat website dan pembuat website limpahkan seluruh skill anda untuk membuat website yang baik dan bagus.

Berbicara mengenai internet marketing bukanlah hal yang terpisah dari pembuatan suatu website, tetapi memang ada pengetahuan tambahan didalamnya dan merupakan suatu seni. Karena internet marketing adalah bagaimana cara dari website anda mendapatkan traffik pengunjung sebanyak banyaknya. Jika pengguna internet (netter) tidak mengetahui web anda atau tidak pernah berkunjung, bagaimana orang akan mengetahui produk dan jasa anda. Nah disinilah peran penting internet marketing untuk usaha anda.
Jika anda mau belajar tentunya hal yang baik, dan jika anda tidak mempunyai waktu silahkan gunakan jasa IT Consultans.
Salah satu contoh internet marketing pada usaha sendiri adalah Rental Mobil Pekanbaru, kebetulan saya sendiri yang mengelola dan menjadi internet marketernya. Usaha ini saya mulai dari tahun 2008, awalnya tidak mempunyai armada dan modal nekat buka usaha rental mobil dengan sistem online. Dimulai dari sebuah blog gratisan tanpa armada itulah usaha saya, berkat kerja keras, do'a dan tawakal hingga saya membuat postingan ini, ALHAMDULILLAH ALLAH SWT telah menitipkan kepada saya 3 unit mobil untuk usaha.
Saya bisa dan mampu, bagaimana dengan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar