14 Oktober 2011

Waspadai Black Campaign di Internet

Aktifitas masyarakat menggunakan internet saat ini sudah mulai meningkat dengan semakin tingginya tingkat pendidikan serta mudahnya akses koneksi ke internet. Dan hal ini memberikan dampak kepada model-model strategi baik bidang bisnis, politik dan sosial masyarakat.

Dibidang politik tentunya hal ini dimanfaatkan oleh elit-elit politik atau para team sukses ketika ajang Pemilukada di suatu daerah. Sementara aturan-aturan tentang kampanye melalui media internet atau website. Yang tercatat sekarang ini, katanya, baru soal pengaturan kampanye lewat media elektronik.

"Dan internet ternyata tidak masuk dalam media elektronik dalam hal pengaturan". Pengaturan ini jelas diperlukan karena potensial disalahgunakan untuk black campaign. Jika hal positif dilakukan tentu tidak menjadi masalah, black campaign akan susah untuk melakukan penyelidikan, penyidikan, maupun juga pengusutan.

Seperti pengalaman saya sendiri melalui jejaring sosial facebook, banyak terdapat grup-grup yang melakukan black campaign dengan bermacam dalih. Apakah ini cara sehat untuk membuat jagoan anda menang ?

Sebenarnya saya mau mengungkapkan beberapa grup yang melakukan black campaign terhadap Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota di Pekanbaru karena Pemilukada Pekanbaru 2011 memang sedang dalam masalah.

Saya rasa masyarakat Pekanbaru yang aktif di jejaring sosial facebook tentunya paham akan maksud saya ini. Dan saya malas saja untuk mengungkapkan dari kubu mana mereka. Cuma sayang saja kejadian-kejadian tersebut karena antara teman pun bisa bermusuhan karena jagoan mereka berbeda. Ada juga yang sengaja dibayar untuk aktif di jejaring sosial melalui media-media center masing-masing kubu.

Salam Hangat kepada sahabat pengunjung
Tengku Antonius Sumbara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar